Sejarah terciptanya plastik gelembung / buble wrap




Buble Wrap atau plastik Gelembung pada awalnya dirancang untuk digunakan sebagai wallpaper dinding. Gelembung pembungkus diciptakan oleh dua insinyur Al fielding dan marc chavanne pada Tahun 1957.

Mereka berdua awalnya membuat produk plastik gelembung bukan untuk digunakan sebagai membungkus bahan. tapi mereka mencoba membuat wallpaper bertekstur. Mereka menciptakan bahan yang dapat menangkap gelembung udara yang akan membuat penampilan bertekstur unik untuk wallpaper mereka. Sayangnya ide penjualan wallpaper buble ini tidak mendapat respon penjualan yang baik.

Tapi hal tersebut bukan menjadi penghalang,tiga tahun kemudian setelah kreasi awal Plastik gelembung itu Frederick W. Bowers, seorang marketing di Sealed Air, perusahaan yang membuat gelembung membungkus, akhirnya mengusulkan ide sempurna untuk menggunakan produk mereka untuk hal lain, selain sebagai wallpaper dinding.

Pada 5 Oktober 1959 IBM memperkenalkan Produk komputer baru mereka. Bowers mendapat ide untuk mengusulkan penggunaan Plastik gelembung gelembung kepada perusahaan IBM, dimana Plastik gelembung tersebut dapat digunakan sebagai bahan pembungkus yang tepat untuk produk komputer saat komputer dikirim melalui kapal, Plastik gelembung ini akan melindungi komputer dari resiko kerusakan.

Bowers lalu menyampaikan idenya kepada Perusahaan ibm dan mendemonstrasikan kemampuan gelembung wrap dalam melindungi barang dari goncangan dan ibm mulai melakukan pembelian Plastik gelembung untuk membungkus komputer mereka dan juga untuk produk mudah pecah lain yang mereka jual.

Dari awal yang sederhana tersebut, perusahaan telah tumbuh hingga pendapatan tahunan mencapai 4 milyar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar